Rabu, 16 Januari 2013

Yesus Yang Pegang Kendali


Sebuah kapal yang dibawa tanpa kemudi, otomatis akan berjalan tanpa tujuan, atau terombang ambing karena tidak ada yang mengarahkan. Kemudi adalah sebuah alat penggerak yang dipergunakan untuk menentukan arah. Kita membutuhkan Tuhan Yesus untuk mengemudikan hidup kita. Tuhan Yesus akan membimbing, mengendalikan dan mengarahkan tujuan hidup kita. Jika bukan Tuhan yang memegang kendali hidup kita dipastikan hidup kita akan mengarah pada tujuan yang salah.
Ada beberapa perbedaan mengenai hidup yang dikemudikan Tuhan dengan tidak dikemudikan Tuhan :

CIRI HIDUP YANG TIDAK DIKEMUDIKAN TUHAN adalah :
1.  RASA BERSALAH 
Orang yang selalu dihantui dengan rasa bersalah adalah orang-orang yang masih hidup dengan ingatan masa lalu. Janganlah biarkan hidup kita menjadi tawanan masa lalu. Berdamailah dengan masa lalu. Percayalah bahwa Tuhan ahli dalam memberi awal baru yang lebih baik. 
“..aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku” (Filipi 3:13b)

2.  KEBENCIAN DAN KEMARAHAN 
Kebencian dan kemarahan yang ada di dalam diri kita, akan menjadi akar kepahitan bila tidak segera dibereskan dihadapan Tuhan. Orang yang terus mempertahankan kebencian, tidak akan pernah bisa sembuh dari rasa benci tersebut. Sesungguhnya kebencian itu akan lebih melukai diri sendiri dibandingkan orang yang kita benci. 
“Sesungguhnya, orang bodoh dibunuh oleh sakit hati, dan orang bebal dimatikan oleh iri hati.” (Ayub 5:2)

3.  TAKUT 
Banyak orang pernah mengalami rasa takut. Dan tidak sedikit orang yang bisa melawannya. Orang-orang yang takut seringkali kehilangan kesempatan besar dan hanya mencari rasa aman untuk menghindari risiko yang harus ia hadapi. Seorang pemenang adalah orang yang mampu melawan ketakutannya dengan iman. 
“Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.” (1 Yohanes 4:18)

4.  KEKAYAAN 
Banyak orang mempunyai pengertian yang salah mengenai kekayaan, yaitu jika memiliki kekayaan yang melimpah, otomatis kita akan aman dan terhormat. Hal itu tidak ditentukan oleh apa yang kita miliki, karena kita hanya dapatkan melalui hubungan yang baik dengan Tuhan Yesus. Kita harus hidup sesuai dengan kehendak Tuhan maka hendaklah tujuan hidup kita selalu terarah kepada Allah. 
“Sebab bukan hartamu yang kucari, melainkan kamu sendiri..” (2 Korintus 12:14a)  

Sedangkan CIRI HIDUP YANG DIKEMUDIKAN TUHAN adalah :
1.  SELALU BERSUKACITA 
Bersukacita haruslah menjadi bagian dalam kehidupan orang percaya. Hal ini harus terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan dalam keadaan apapun. Apapun yang terjadi di sekitar kita itu tidak mengurangi kualitas sukacita yang ada di dalam hidup kita.   
“Bersukacitalah  senantiasa” (1 Tesalonika 5:16)

2. SELALU BERDOA 
Doa juga harus menjadi gaya hidup kita selalu. Doa bukan di saat kita mengalami kesusahan ataupun senang. Doa itu seperti nafas yang kita hirup, jadi doa harus selalu terus menerus kita lakukan senantiasa.  Apa jadinya jika kita tidak bernafas? Pastinya kita akan kekurang oksigen dan kita akan mati. Begitu pula jika kita tidak berdoa, kita akan mati rohani. Doa harus menjadi prioritas kita, agar kerohanian kita mengalami peningkatan dan kuat dalam segala keadaan. 
“..dan bertekunlah dalam doa!” (Roma 12:12b)

3. SELALU MENGUCAP SYUKUR 
Biasanya orang sangat mudah untuk mengucap syukur  ketika mereka mengalami keberhasilan, belum tentu pada saat kita menghadapi kegagalan. Tapi marilah kita belajar untuk selalu mengucap syukur dalam segala hal karena itulah yang dikehendaki Allah. 
“…Ya Allah, aku mengucap syukur kepada-Mu, karena aku tidak sama seperti semua orang lain..” (Lukas 18:11)

4. SELALU BERHARAP & PERCAYA KEPADA TUHAN 
Dalam dunia ini kita dapat mengalami berbagai kesulitan dan penderitaan. Hal itu bisa merupakan ganjaran terhadap kesalahan yang telah kita perbuat atau memang karena penyebab lain yang Tuhan izinkan. Dalam kesulitan apapun, kita harus tetap percaya dan berharap kepada Allah. 
“Tetapi aku senantiasa mau berharap dan menambah puji-pujian kepada-Mu;” (Mazmur 71:14)  

Healing Quote:
Jikalau hidup kita ingin terarah dan tidak salah arah, tidak ada jalan lain selain kita mempersilahkan Tuhan untuk mengambil alih hidup kita untuk dikemudikan. 
“..kepada TUHAN aku percaya dengan tidak ragu-ragu.” (Mazmur 26:1b)
sumber : HMMinistry

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts